Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Tuesday, March 3, 2009

Taman Terumbu Karang "WEDI OMBO"

Wedi Ombo adalah salah satu pantai di daerah ujung timur Jogjakarta, memang pantai ini belum seterkenal pantai Parangtritis atau pantai Baron, Tapi pantai ini punya keindahan tersendiri didalam ketenangan pantainya. Untuk mencapai Pantai Wedi Ombo kita harus masih berkendara kurang lebih 33 km lagi kearah utara dari pusat kota Jogjakarta, melintasi daerah pegunungan Sewu atau biasa dikenal dengan gunung Kidul. Jalan yang ditempuh memang berbelok, menurun dan menanjak tapi akan terbayar jika anda sudah sampai di Wedi Ombo nantinya.
Ketika anda memasuki kawasan ini, mungkin agak sedikit ragu atau bingung karena memang Pantai ini belum begitu terkenal jadi belum ada gerbang besar pertanda bahwa kita telah memasuki kawasan Wedi Ombo, kendaraan bisa kita parkir sekitar 150 m dari tepian pantai. Dari situ kita bisa melihat sebuah teluk besar dengan ombak yang lebih tenang dibandingkan pantai Parangtritis, walaupun begitu kita harus tetap waspada pada arus di dalam laut yang cukup kuat. Pantainya yang berpasir putih membentang sekitar kurang lebih 1 km. Kita juga akan disuguhi dengan pemandangan bukit kapur dan tebing tebing tinggi di kanan kiri pantai yang berdiri dengan gagahnya. Luar biasa!
Lebar dari pantai ini mungkin hanya sekitar 7 m dari bibir pantai, padahal WEDI OMBO sendiri berarti Pasir yang luas. Tetapi dengan pasir yang putih dan hamparan terumbu karang, menjadikan Pantai ini luas sejauh mata memandang. Jika air laut sedang surut sekitar jam 7 pagi hingga jam 2 sore, maka kita bisa berjalan – jalan di terumbu karang yang luasnya kurang lebih sekitar 7 m. Ada bermacam-macam biota laut yang bisa kita temui di hamparan terumbu karang ini, antara lain yang bisa kita lihat adalah beberapa jenis coral, hard coral dan soft Coral pun ada , Bulu Babi yang sangat mendominasi, Ikan Lepu (Scorpion Fish), Bintang Laut, Cacing Laut, Lintah Laut dan masih banyak lagi jenis ikan ikan kecil yang berwarna-warni. Nah jika anda senan
g dengan ketenangan! Maka Wedi Ombo adalah pilihan anda, Selamat Berlibur! (Courtesy linagunawan224.fotografer.net)

No comments: